Selasa, 09 Februari 2010

Menguji “Kejantanan” Lelaki (SBY)

Terimakasih Rossy !, semalam anda telah mampu membuatku melongo sepanjang acara talk show yang menghadirkan Ibu Sri Mulyani dan keluarga.

Mungkin karena aku orang kecil yang mudah terpesona oleh “pertunjukan” luar biasa yang ditampilkan oleh seorang tokoh atau siapa saja, bahkan sering aku dibuat melongo oleh kemampuan para kompasianer menulis, padahal bapakku pernah bilang “dadi wong iku ojo gumunan”. Tapi sebagai manusia tentu aku punya naluri untuk membuat keputusan perihal kekaguman itu. Memang pada akhirnya kita sering menyadari bahwa pesona penampilan tidak serta merta memberikan jaminan bahwa kualitas di luar penampilan seseorang itu sama. Tidak bisa dipungkiri, meskipun gambaran luar dan dalam disadari tidak sama, kebanyakan orang cenderung memoles bagian luar dirinya saja agar tampak sesuai dengan tujuannya.

“Kejantanan” yang ditunjukkan oleh pribadi Sri Mulyani, baik dalam kaitannya dengan Century atau sisi lain kehidupan keluarga dan pekerjaannya membuatku ingin berkirim surat kepada seseorang yang selama ini telah membuatku terpesona oleh banyak penampilannya. Namun sebelumnya, sekali lagi aku ucapkan terimakasih buat Rossy yang telah menyadarkan keterpesonaan setiap orang (aku) terhadap orang lain.

Maaf, saking jengkelnya aku jadi ingin tergesa-gesa berkirim surat, mudah-mudahan sampai di tujuan dengan selamat tanpa ada halangan suatu apapun.

Sidoarjo, 8 Februari 2010

Kepada Yang Terhormat Presiden RI yang aku Kagumi

Minggu malam kemarin saya melihat Bapak berada di atas kendaraan tempur, memberi instruksi, bahkan memimpin langsung penyelamatan NKRI dari musuh yang menyusup ke wilayah kita.

Saya kagum, meskipun Bapak sudah jadi Presiden, Bapak masih menyempatkan diri untuk melatih intuisi dan kemampuan militer Bapak dengan memimpin langsung penyelamatan tersebut. Saya tetap kagum meskipun itu hanya latihan.

Minggu malam kemarin saya melihat Bapak memimpin rapat kabinet terbatas di atas kapal tempur.

Saya salut Bapak ! dengan demikian rakyat dan dunia tahu kalau Bapak “menguasai” bukan saja strategi militer, tapi juga peralatan dan personil tempurnya. Rakyat dan Dunia jadi tahu bahwa Bapak menguasai militer. Dan saya bangga dengan itu Bapak, setidaknya saya jadi yakin juga bahwa tidak akan ada kudeta yang diprakarsai oleh militer.

Minggu Malam kemarin saya menyaksikan acara Rossy yang menghadirkan Ibu Sri Mulyani dan keluarga. Satu hal yang saya kagumi dari Ibu Sri Mulyani, bahwa beliau seorang wanita yang lebih peduli dan fokus pada kebenaran atas keyakinan yang dilandasi segenap kemampuan integritas dan intelektualitasnya. Meskipun itu mengakibatkan beberapa pengamat menyatakan bahwa Sri Mulyani itu jutek, jaim dan sebagainya, tapi beliau tetap Sri Mulyani dan tidak melunturkan kekaguman orang terhadapnya.

Saya terbayang Bapak. Selama ini kesan yang Bapak berikan kepada saya (mungkin rakyat lainnya juga) bahwa Bapak adalah sosok Militer yang berhati nurani, Tidak suka dengan kekerasan tapi tegas dalam pengambilan keputusan (meskipun sebagian orang mengatakan lamban). Saya terkesan dengan kemampuan Bapak meyakinkan rakyat Indonesia hingga Bapak terpilih kembali sebagai Presiden untuk kedua kalinya. Meskipun sebetulnya, jujur saja,(maaf) selama ini saya belum pernah melihat Bapak menunjukkan kecerdasan Bapak dalam satu bidang keilmuan. Mungkin Kecerdasan Bapak ada di bidang menejemen kepresidenan ya Pak. Sebab saya agak kecewa, bahwa ternyata Bapak kurang memahami ilmu psikologi massa, sehingga Bapak (meskipun tidak Nampak marah) Nampak agak gusar dengan kehadiran Kerbau di acara demo. Padahal Bapak kan tidak hanya pemimpin kabinet, Bapak juga pemimpin rakyat. Kalau maunya saya sih biar itu di urus oleh aparat anak buah Bapak saja, Bapak nggak usah ikut-ikutan komentar.

Minggu malam kemarin, Bang Buyung (maaf, sampai berbuih-buih) beliau minta Bapak untuk menunjukkan kejantanan Bapak dalam kasus Century.

Bapak presiden yang terhormat, saat itu saya sempat merasa amat marah dengan pernyataan Bang Buyung, Masa presidenku yang gagah berani dibilang tidak jantan. Tapi setelah amarah ini sedikit redam, saya baru sadar, ternyata memang Bapak belum pernah menunjukkan peran Bapak dalam penyelesaian kasus Century kecuali membiarkan banyak pihak umek sendiri-sendiri. Padahal sampai detik ini saya masih yakin, Bapak sangat berperan besar demi selesainya kasus Century tersebut.

Minggu malam kemarin, ketika saya beranjak tidur, saya berharap akan bermimpi tentang Bapak yang dengan gagah berani mengundang Pansus dan seluruh pihak terkait melakukan rapat terbuka dikelilingi pesawat tempur milik Bapak (maksud saya TNI), dan di hadapan mereka semua Bapak katakan hal sebenarnya tentang Century, dan menyatakan bahwa Polemik Century akan saya akhiri dengan menyerahkan seluruh data dan pengetahuan saya terhadap hadirin semua untuk segera ditindak lanjuti sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Bapak presiden yang terhormat, sebagai sesame lelaki, saya ingin Bapak tidak mempermalukan Kejantanan kita.

Maafkan saya yang bodoh tapi jantan, Bapak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar